tentang home concert dan #LIVEatRUMAHBONITA – Imada, 28 Juni 2015

Sedikit tentang home concert

Saya senang bermusik. Saya merasa beruntung akan hal itu. Banyak sekali teman-teman lama/ baru atau dekat/ jauh juga berkomentar sama “beruntung loe Doy suka bermusik”. Semoga benar demikian dan kok ya hingga sekarang keberuntungan itu juga yang saya rasakan. Susah atau dukanya tentulah ada, hampir semua segi kehidupan juga demikian. Senang dan beruntung karena bermusik membuat saya bisa menyatakan diri saya: prosesnya membuat saya bangga dan berisi, karya/ yang dihasilkan darinya bisa langsung saya rasakan, dengar, dan nikmati.. eh kok ya sekalian bisa membuat orang lain terhibur juga.

Selain senang dan beruntung, saya merasa kerasan bermusik :) Rasa kerasan seperti betah dan asyik di rumah, mungkin itu yang kurang lebih menggambarkan musik buat saya. Dan semakin ‘dicari-cari’ persamaannya, musik dan rumah memang banyak miripnya. Tidak heran jika saya senang sekali bermusik di rumah. Sebaliknya, di mana pun saya bermusik, saya jadi bisa merasa di ‘rumah’ :)

Masa-masa awal saya dan Bonita membina rumah tangga dipenuhi dengan kegiatan bermusik di rumah: latihan, bikin lagu, merekam lagu, menata hasil rekaman, mendengarkan rekaman musik, nonton video musik, belajar dan juga mengajar musik. Syukur hal itu bisa berlangsung hingga sekarang.

Pengalaman mengajar musik serta studi mengenai Psikologi Musik juga mengantar saya kepada pemahaman tentang pentingnya suasana musikal serta model musikal dalam perkembangan kemampuan dan pembelajaran musik. Pemaparan terhadap musik serta suasana hidup yang diwarnai dengan musik akan menjadi modal bagi orang-orang di dalamnya untuk semakin musikal dan mengembangkan bakat musiknya. Keberadaan model dan suasana musikal juga membuat anak-anak terbiasa dengan musik, ya, musik jadi sesuatu yang tidak aneh, dekat dengan kehidupan sehari-hari, dan anak bisa lebih mudah meneladani apa-apa yang dilakukan model musikalnya.

Konser di rumah atau home concert jadi cita-cita sederhana untuk bisa dinyatakan. Cita-cita untuk bisa memberikan lingkungan yang kaya akan musik bagi Pram. Dan tentunya bagi kami juga orangtuanya :) Akan seru kalau bisa mengajak beberapa teman musisi untuk bisa datang membawakan musik secara langsung di rumah, sekaligus berbagi suasana yang guyub, hangat, dan sukacita dengan para saudara dan sahabat.

Sekitar dua tahun lalu, cita-cita ini bertemu jodoh saat berdiskusi dengan Imada Hutagalung. Imada ingin bisa mengumpulkan sejumlah orang dengan kriteria tertentu untuk menontonnya bermain musik secara live. Nah! “Main di sini aja yuk Im, sekalian kita buat home concert!” ujar saya kepada Imada saat itu. Tanpa terlalu banyak cing cong, home concert pertama itu terlaksana. Dan benar: seru dan menyenangkan :) Beberapa bulan kemudian saya dan Bonita mengadakan lagi home concert tersebut untuk teman-teman sekantor dan keluarganya. Kali itu Bonita & Adoy penampilnya. Terjadi lagi: seru, asyik, akrab, dan menyemangatkan. Namun setelah itu kegiatan home concert di rumah kami vakum untuk beberapa lama, dikarenakan kesibukan kami.

Tanggal 17 Juni 2015, saat acara makan malam syukuran ulangtahun saya, kembali obrolan tentang home concert mencuat. Obrolan dengan Imada Hutagalung dan Jimmy Tobing malam itu berlanjut dengan rencana home concert di bulan Ramadhan ini. “Hehe, membicarakannya saja sudah memberi semangat dan kepercayaan diri, semoga bisa berjalan dengan sederhana dan lancar” ujar saya dalam hati.

>

#LIVEatRUMAHBONITA presents #HOMECONCERT with Imada – 28 Juni 2015

woroAkhirnya tanggal 28 Juni 2015 direncanakan sebagai tanggal Imada melakukan home concert. Banyak buah pikiran yang mampir ke kepala saya menjelang pelaksanaan tanggal 28 Juni tersebut. Salah satunya adalah apa yang bisa saya berikan lebih bagi para penampil yang sudah bersedia bermain di home concert ini. Saya juga terpikir, setelah workshop (yang dilakukan saat #BeNiceToEachOther TOUR 2015 chapter 3), apakah home concert ini juga bisa menjadi program rumahbonita. Akan menyenangkan sekali jika home concert ini juga bisa dinikmati oleh teman-teman dan juga publik yang tidak hadir secara fisik saat konser ini berlangsung (maklum rumah kami tidak bisa memuat banyak orang), dengan demikian ini juga bisa menjawab pertanyaan “apa yang bisa kami berikan lebih bagi penampil yang sudah bersedia tampil?” jawabannya adalah: pemirsa, tidak hanya yang datang namun juga yang tidak datang.

Saya langsung mengontak Bharata: “Bratz, kita bisa live streaming dari YouTube gak?”. Bharata tidak yakin akan hal tersebut, lalu saya mencoba mencari jawaban dengan tanya kanan kiri termasuk Google. Dan ternyata bisa :) Giranglah saya. Berarti kesulitan/ tantangan berikutnya menanti: bagaimana caranya :) Setelah berkonsultasi dengan rekan di kantor, bung Christian Sagala, sesampai di rumah saya mencobakan apa-apa yang disampaikannya. Bener juga: BISA :) Thank you Chris!

Dengan pemikiran bahwa home concert ini bisa menjadi program rumahbonita, bahkan secara berkala dan bisa beragam bentuknya, saya mengajukan usulan program #LIVEatRUMAHBONITA yang isinya bisa: home concert, latihan, atau juga program tutorial sebagai pengaya workshop yang sudah kami jalankan.

150628-screenSingkat cerita -setelah ubak-ubek sofware encoder, cari-cari webcam, serta hal teknis lainnya- kami menerbitkan program acara: #LIVEatRUMAHBONITA presents #homeconcert with Imada yang kami live stream-kan dan dapat disaksikan di URL: http://rumahbonita.com/live (via http://youtube.com/c/rumahbonita).

Hari Rabu dan Jumat 24 & 26 Juni, saya, Bonita, Imada, dan Wiwit mulai mempersiapkan rumah sebagai venue home concert ini: tata letak, tata suara, tata undangan, tata boga, dan tata-tata lainnya… phewww… mantappp :) Setelah tanggal 26 Juni menjelang 28 Juni, Imada dan saya melakukan kegiatan persiapan masing-masing yang cukup memusingkan.

Tibalah saatnya hari-H #LIVEatRUMAHBONITA #homeconcert. Konser yang direncanakan berlangsung pukul 5 sore kami undurkan jadi selepas buka puasa karena hingga pukul 5 sore masih sedikit dari undangan yang datang. Kami lupa memperhitungkan kondisi lalu lintas menjelang buka puasa yang begitu padat apalagi di daerah pinggiran kota seperti tempat tinggal kami. Tadinya, konser Imada akan berlangsung dua sesi yang terbagi sebagai berikut: sesi pertama 17.00 – 17.45 WIB dan sesi kedua 18.30 – 19.15 WIB. Akhirnya baru kami langsungkan pukul 18.30 WIB, tetap dalam dua sesi dengan jeda di antaranya yang alhasil baru selesai pukul 22.00 WIB :)

Hahaaa….  seru sekali home concert ini. Imada dengan kemampuan presentasi verbal dan musikal yang cerdas tidak hanya membuat kami makin menikmati musiknya tapi juga terpingkal-pingkal karena ujaran-ujarannya yang mengingatkan kami bahwa banyak hal lucu yang kita pikirkan atau jalani. Empat belas lagu Imada bawakan dalam home concert ini. Sebagian besar adalah karyanya baik dari album solo pertamanya maupun lagu yang belum direkam dalam album, juga lagu cover. Pratiwi Widyasari (Wiwit) juga ikut tampil di dua lagu pada sesi kedua konser ini. Duet yang indah dan segar.. Selamat ya Imada-Wiwit :) Repertoire konser ditutup dengan lagu “Keroncong Kemayoran” dimana Imada mengajak para penonton untuk ikut membuat dan menyanyikan pantun kilat dalam lagu itu. Pingkal tawa dan teriakan-teriakan asoy memenuhi hampir sepanjang lagu itu.

post-03

post-02

Sempatkanlah menonton rekaman #LIVEatRUMAHBONITA #homeconcert ini. Semoga keseruan dan kehangatan home concert malam itu bisa terasa walau sebersit. Tenang, tidak perlu terintimidasi oleh durasinya (yang hampir 5 jam itu), anda punya kuasa kok untuk memajukan atau mengulangnya, karena ini rekaman :) [maaf atas mutu gambar yang mungkin kurang nyaman, moga-moga tahun depan sudah bisa dapat kecepatan internet yang lebih baik lagi :)]

Terimakasih banyak Imada atas ide, semangat, inspirasi, kesederhanaan, keceriaan, teladan, dukungan, dan tentunya musikmu yang KEREN! Terimakasih banyak juga Wiwit atas bantuannya saat persiapan juga di hari H home concert Imada… suaramu enak sekali Wit! :) Terimakasih kepada Yogi Sumule dan coffeewar atas kebaikannya meminjamkan speakernya sehingga kami bisa menyimak konser ini dengan jelas dan nyaman :)

Terimakasih kepada undangan yang sudah datang dan juga yang sudah menyaksikan #LIVEatRUMAHBONITA #homeconcert Imada via livestream atas dukungan kalian, acara tersebut sah terjadi ya karena kalian :)

2 thoughts on “tentang home concert dan #LIVEatRUMAHBONITA – Imada, 28 Juni 2015

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *